Navy Seal 6, tim “Super Elit” Amerika yang misterius


http://hermawayne.blogspot.com
Seal Team 6 (ST 6) saat ini menjadi buah bibir masyarakat dunia. Tim “Super Elit” Amerika itu berhasil menewaskan Osama Bin Laden dalam suatu operasi militer yang sangat rahasia. ST6 adalah pasukan khusus Amerika terbaik yang misterius. Tim elit ini keberadaannya secara teknis tidak diakui, tetapi berhasil melakukan berbagai operasi militer rahasia yang besar di dunia Internasional.

Pembentukan ST 6 dengan tingkat kerahasiaan sangat tinggi ini diawali dari kegagalan penyelamatan sandera AS di Iran tahun 1980. Kegagalan misi penyelematan yang memalukan militer Amerika itu, akhirnya mendorong pembentukan pasukan elit antiteroris yang beroperasi dengan cepat dan sangat rahasia.
http://hermawayne.blogspot.com
Tim ini mempunyai spesifikasi yang sangat diandalkan, sehingga tak seorangpun anggota militer Amerika dapat masuk. Anggotanyapun terdiri dari pasukan elit angkatan laut AS (Navy) SEAL yang terhebat dan terpilih. SEAL sendiri merupakan kependekan dari Sea, Air and Land, pasukan khusus yang beroperasi di darat, laut maupun udara. Melihat kualifikasi tersebut, sangatlah pantas kalau ST 6 disebut pasukan khusus “Super Elit” Amerika.

Operasi dari pasukan ini hampir selalu dirahasiakan. Mereka berada di luar protokol militer, terlibat dalam operasi militer tingkat tinggi dan seringkali berada di atas hukum internasional. Catatan dan rekaman operasi dari pasukan ini jarang disimpan dalam sebuah file. Seperti cerita James Bond, otoritas Amerika dapat menyangkal keberadaan dan keterlibatan pasukan ini. Kerahasiaan yang tinggi ini membuat tim ini semakin misterius sehingga daftar anggota ST6 pun tidak pernah diketahui, Namun beberapa pihak memastikan bahwa CIA telah banyak merekrut anggota untuk tim operasi khusus ini. Maka tak mengherankan mereka dilibatkan dalam misi CIA.
http://hermawayne.blogspot.com
ST 6 biasanya beroperasi militer khusus di daerah maritim, seperti menyelamatkan kapal yang dibajak, kilang minyak, atau wilayah darat yang dekat dengan daerah perairan seperti sungai. Meski lokasi penyergapan Osama di daratan, tetap saja ST 6 yang menanganinya. Sampai saat inipun keberadaan Angkatan Laut SEAL Team 6 disangkal oleh pihak berwenang di Amerika.

US Navy Seal
U.S. Navy SEAL (The United States Navy Sea, Air and Land) adalah pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat, yang disiapkan untuk melakukan operasi tempur non konvensional, pertahanan dalam negeri, serangan langsung, kontra terorisme, dan operasi khusus lainnya.

Mereka yang terpilih menjadi anggota Navy SEAL dilantik setelah menyelesaikan pendidikan dasar Basic Underwater Demolition SEAL (BUD/S) dan program khusus yang disebut SQT (SEAL Qualification Training), baru kemudian berhak menyandang bed khusus the SEAL Trident. Bed ini merupakan tanda pengenal buat anggota SEAL dalam pertempuran bersama dengan unit pasukan khusus lainnya.

Pendidikan BUD/S berlangsung selama 6 bulan. Setelah menyelesaikan pendidikan ini, kandidat Navy SEALs juga akan memperoleh wing terjun. Kandidat yang lulus pendidikan ini otomatis akan melanjutkan ke program SQT selama 15 minggu.

Seragam lapangan Navy SEALs selalu dibedakan dari kesatuan unit tempur yang didukungnya. Seperti pada Perang Vietnam, anggota SEAL menggunakan seragam kamuflase bermotif loreng macan.

Sumber : mediaanakindonesia.wordpress.com





Bagikan ke:
facebook-------twitter
;