Lagu-lagu luar negri terkenal yang ternyata plagiat


Kreativitas adalah hal yang terpenting dalam membuat sebuah karya. Kreativitas juga dapat membawa seorang pemusik menjadi terkenal. Namun tahukah Anda bahwa musik-musik terkenal yang diciptakan oleh pemusik terkenal sekalipun adalah plagiat? Mari kita simak.

My Sweet Lord
http://hermawayne.blogspot.com
Diciptakan oleh : George Harrison
Diambil dari : The Chiffons "He's So Fine"

Pada tahun 1971, tak lama setelah lagu "My Sweet Lord" dirilis dan menjadi hit di seluruh dunia, Ronald Mack menggugat George Harrison dan mengatakan bahwa George Harrison telah mangambil irama "He's So Fine" untuk lagu tersebut. Harrison mengatakan bahwa lagu tersebut terinspirasi dari lagu "Oh Happy Day" yang diciptakan oleh Edwin Hawkins Singers. Setelah itu dalam keputusan hakim mengatakan bahwa Harrison secara tidak sengaja dan tidak sadar telah menyalin irama "He's So Fine". Mack akhirnya meminta sebagian royalti yang didapat dari lagu "My Sweet Lord".

U Can't Touch This
http://hermawayne.blogspot.com
Diciptakan oleh : MC Hammer
Diambil dari : Rick James "Super Freak"

Tak lama setelah dirilis pada tahun 1990, Hammer digugat oleh James karena dianggap mengambil irama lagu "Super Freak" secara berlebihan. Karena tuduhan itu, Hammer pun memutuskan untuk memberi kepada James sebuah kredit sebagai Co-composer. Walaupun terdengar sepele, hal ini justru melukai penjualan lagu-lagu Rick James dan lagu "U Can't Touch This" lebih terkenal dibandingkan "Super Freak".

Ice Ice Baby
http://hermawayne.blogspot.com
Diciptakan oleh : Vanilla Ice
Diambil dari : David Bowie & Queen "Under Pressure"

Hampir persis dengan lagu di atas, namun yang terburuk adalah lagu tersebut langsung menjadi hit di seluruh dunia sebelum sang pencipta lagu ini yang bernama asli Robert Matthew Van Winkle memberi kredit kepada David Bowie dan Queen setelah dituduh menyalin bass dari lagu "Under Pressure" yang pada dekade 1980-an merupakan sebuah hit yang terkenal karena bass-nya yang dibuat oleh duo David Bowie dan Freddie Mercury.

Bitter Sweet Symphony
http://hermawayne.blogspot.com
Diciptakan oleh : The Verve
Diambil dari : The Rolling Stones "The Last Time"

The Verve yang ingin menciptakan lagu tersebut meminta izin Andrew Oldham Recording untuk menggunakan sebagian bagian musik "The Last Time" untuk lagu "Bitter Sweet Symphony", namun setelah dirilis, Oldham menganggap The Verve telah menggunakan bagian dari lagu tersebut lebih banyak dari yang diizinkan. Hal ini juga mengundang perhatian ABKCO Records yang memegang hak cipta lagu-lagu The Rolling Stones, gugatan dihentikan ketika hak cipta lagu dikreditkan kepada ABKCO dan Jagger/Richards.

Da Ya Think I'm Sexy?
http://hermawayne.blogspot.com
Diciptakan oleh : Rod Stewart
Diambil dari : Jorge Ben "Taj Mahal"

"Da Ya Think I'm Sexy?" yang merupakan hit disko yang dikritik keras fansnya karena Rod Stewart yang mengubah genre lagu umum Stewart (Rock-blues) menjadi lagu disko. Namun kontroversi berikutnya terjadi ketika artis Brazil Jorge Ben Jor menganggap Stewart menyalin irama lagu "Taj Mahal" pada lagunya tersebut. Namun Stewart mengakhiri gugatan dengan memberi royalti lagu tersebut kepada lembaga UNICEF. Sebagai catatan, "Taj Mahal" adalah lagu Jorge Ben Jor yang beberapa tahun sebelumnya adalah lagu hit di Brazil.

Sumber : kaskus.us





Bagikan ke:
facebook-------twitter
;