11 Relik keagamaan


11. Jejak Kaki Buddha
http://hermawayne.blogspot.com
Jejak kaki Buddha dapat ditemukan di hampir seluruh Asia Timur dan Selatan. Jejak kaki ini tentu saja bukanlah jejak kaki asli sang Buddha, melainkan replika atau representasi dari kehadiran Buddha. Biasanya dengan simbol-simbol yang menyiratkan makna tertentu seperti Dharmachakra.

10. Kain Kafan Turin
http://hermawayne.blogspot.com
Entah itu benar atau tidak, kain kafan dari Turin telah diyakini oleh sebagian umat Kristen sebagai kain kafan Yesus Kristus dan telah menjadi daya tarik para umat dan wisatawan untuk mengunjungi Italia. Meskipun gambar yang tertera pada kain kafan ini menyerupai seseorang dengan luka seperti yang dialami Yesus Kristus, tes karbon yang dilakukan tahun 1988 menunjukkan bahwa kain tersebut dibuat antara tahun 1260 dan 1390, dan oleh karena itu, tidaklah mungkin digunakan untuk membungkus jenazah Yesus Kristus sebelum kebangkitannya. Meskipun demikian, kain ini tetap menjadi primadona di kalangan umat Kristiani yang sengaja datang ke sana.

9. Darah San Gennaro
http://hermawayne.blogspot.com
Setiap tahun masyarakat Naples, Italia, berkumpul untuk memperingati kematian martir seorang santo, San Gennaro, dan untuk melihat sebuah keajaiban mencairnya darah beku santo. Keajaiban ini terjadi pada tanggal 19 September dan sebanyak 18 kali lagi dalam setahun. Fenomena ini mengundang banyak ilmuwan bertanya-tanya dan meragukannya, tetapi hal tersebut tidak menghentikan perayaan ini. Banyak yang percaya bahwa keajaiban darah tersebut melindungi kota dari segala mara bahaya.

8. Janggut Muhammad
http://hermawayne.blogspot.com
Diyakini berasal dari janggut yang dicukur dari wajah Nabi Muhammad oleh tukang cukur favoritnya, janggut ini dapat disaksikan di Museum Istana Topkapi di Istanbul, Turki. Meskipun relik ini tidak memiliki pengesahan oleh agama Islam, tetapi pengunjung museum ini tetap banyak setiap tahunnya.

7. Ikat Pinggang Maria
http://hermawayne.blogspot.com
Dikisahkan Bunda Maria memberikan ikat pinggang buatan tangannya sendiri yang terbuat dari rambut unta kepada Rasul Thomas tepat sebelum beliau menuju surga. Ikat pinggang ini ditemukan kembali di Prato, Italia pada abad ke-14 Masehi dan sebuah kapel didirikan. Sekarang, ikat pinggang yang disebut Sacra Cintola, dianggap sebagai sebuah peninggalan dari Bunda Maria dan dipamerkan sebanyak 5 kali setiap tahunnya (Natal, Paskah, 1 Mei, 15 Agustus dan pada hari ulang tahun Maria, 8 September).

6. Kepala Johannes Sang Pembaptis
http://hermawayne.blogspot.com
Tempat peristirahatan terakhir dari kepala Johannes Sang Pembaptis masih kabur tergantung agama apa yang anda anut. Muslim percaya bahwa kepalanya berada di Masjid Umayyad di Damascus, Siria. Sedangkan umat Kristen percaya bahwa kepalanya berada di Gereja Roma San Silvestro di Capite. Ada pula yang percaya bahwa kepalanya dikuburkan di Turki atau bagian selatan Perancis.

5. Jubah Sang Perawan Suci
http://hermawayne.blogspot.com
Meskipun Katedral Chartes di Perancis merupakan salah satu contoh arsitektur gothic yang terkenal, itu bukanlah satu-satunya alasan banyak wisatawan datang mengunjungi katedral tersebut. Katedral ini juga adalah tempat kediaman sebuah jubah yang dikenakan oleh Bunda Maria selama kelahiran Yesus Kristus. Jubah yang dinamakan Sancta Camisia, diceritakan diberikan kepada gereja tahun 876 dan disangka telah lenyap terbakar pada tahun 1194. Tiga hari kemudian keajaiban terjadi ketika jubah ini ditemukan tidak terbakar sedikit pun dalam kotak penyimpanan.

4. Salib Anggur
http://hermawayne.blogspot.com
Legenda mengatakan bahwa St. Nino, seorang wanita dari Kapadokia (sebuah wilayah di tengah Turki), mengajar ajaran Kristen di Georgia pada abad ke-4 Masehi, dikatakan telah menerima Salib Anggur, sebuah salib dengan tangan menuju arah bawah, oleh Bunda Maria sendiri. Salib ini kemudian menjadi simbol Gereja Ortodox Georgia dan sempat menjelajahi berbagai negara sebelum akhirnya berdiam di Katedral Sioni di Tbilisi, Georgia.

3. Jejak Kaki Muhammad
http://hermawayne.blogspot.com
Beberapa Muslim mempercayai bahwa dimana pun Nabi Muhammad berada, kaki kirinya membuat sebuah jejak. Jejak-jejak kaki tersebut ditemukan di berbagai situs keagamaan di seluruh Timur Tengah dan sekarang dipajang di masjid-masjid, museum-museum dan situs-situs bersejarah lainnya di wilayah ini. Salah satu jejak kaki itu berada di Museum Istana Topkapi di Istanbul, juga tempat berdiamnya janggut Muhammad.

2. Rantai St. Peter
http://hermawayne.blogspot.com
Rasul Petrus dipenjarakan di Jerusalem, dirantai dengan sebuah rantai besi karena mengajarkan ajaran Yesus. Dikisahkan pada malam sebelum pengadilannya, St. Peter dibebaskan dari rantai itu oleh sesosok malaikat dan kabur dari penjara. Saat ini, rantai tersebut berada di sebuah tempat penyimpanan relik di bawah altar utama di basilika San Pietro in Vincoli (St. Peter dalam Rantai), Roma.

1. Gigi Buddha
http://hermawayne.blogspot.com
Menurut legenda Sri Lanka, sebuah gigi tetap utuh saat kremasi Buddha Gotama. Saat ini, relik ini dapat ditemui di Wihara Gigi di Kandy, Sri Lanka.

Sumber : kaskus.us





Bagikan ke:
facebook-------twitter
;