Berbagai tipe pemimpin



Agar operasional atau aktivitas keluarga, perusahaan dan organisasi berjalan dengan lancar sesuai visi dan misi diperlukan seseorang yang disebut Pemimipin. Maju mundurnya kehidupan keluarga, perusahaan atau organisasi sangat tergantung bagaimana seorang pemimipin memanagenya.

Inilah beberapa tipe pemimpin:
1. TIPE GOOD FATHER
Tipe pemimpin ini merupakan pemimpin yang sejuk, cool, baik jika kita berhadapan dengannya. Tipe pemimpin ini adalah seorang yang memberikan solusi pada suatu persoalan dan memimpin anak buahnya dengan bersahaja. Bawahan atau orang yang berada dalam kepemimipinan akan merasa damai, aman dan termotivasi.

2. TIPE ENTREPRENEUR
Tipe ini merupakan pemimpin yang mempunyai ide kreatif, rajin, pekerja keras dan ulet. Pemimpin ini selalu mempunyai hal-hal baru untuk kemajuan dan bisa memotivasi bawahannya.

3. TIPE BADUT
Badut merupakan tokoh lelucon, untuk tipe pemimpin semacam ini mempunyai sifat yang tidak serius dalam melaksanakan sesuatu hal. Apabila berhadapn atau berkumpul dengan bawahannya, ia selalu melucu dalam segala situasi, sehingga bawahannya sering menghiraukan segala perintahnya.

4. TIPE BELUT
Belut merupakan salah satu hewan yang berbadan licin, sulit untuk ditangkap. Untuk pemimpin seperti ini merupakan pribadi yang tidak jujur, selalu ingkar janji dan tidak bisa dipegang janjinya. Tipe belut ini selalu pasang ‘badan dua” apabila dia menghadapi persoalan yang memojokkan pribadi dan posisinya. Tipe pemimpin ini sangat berbahaya bila ada di lingkungan perusahaan. Dia rela mengkambinghitamkan bawahnnya yang tidak bersalah.

5. TIPE FAUNA
Fauna merupakan istilah untuk dunia hewan (binatang), segala jenis dan bentuk hewan ada di dunia ini. Tipe pemimpin semacam ini mempunyai sifat emosional, temperamen, buas seperti macan yang akn menerkam mangsanya. Dan pemimpin ini arogan seolah-olah dia yang pintar. Apabila emosinya naik, ucapan yang keluar dari mulutnya macam-macam nama binatang seperti “ Babi “, “ Anjing “ dan seterusnya. Tipe ini kedengarannya agak kasarme, tapi di dunia nyata memang ada tipe seperti ini khususnya di dunia perusahaan. Bawahan atau orang di bawah naungan pemimpin seperti ini tidak akan nyaman dalam bekerja.

6. TIPE ROBOT
Pemimipin dengan tipe ini dalam bekerja dan menjalankan peraturan sangat kaku. Dan tipe pemimpin ini agak mengarah ke sifat diktator, tidak peduli dengan alasan yang dibuat oleh bawahan yang melanggar disiplin perusahaan.

7. TIPE UMANG-UMANG
Pemimpin seperti ini mempunyai sifat penakut, lemah dan plin plan. Anda perhatikan tingkah laku umang-umang, apabila ada manusia mendekatinya, dia akan masuk ke sarangnya, setelah menjauh dia akan keluarkan kepalanya perlahan-lahan dengan penuh keraguan. Demikian juga dengan tipe pemimpin seperti ini sangat lemah dalam mengambil keputusan, takut mengambil resiko serta keputusan yang diambilnya selalu berubah-ubah.


Apabila Anda menjumpai pemimpin yang mempunyai tipe no. 4 s/d 7 di dalam perusahaan, maka bersiap-siaplah Anda tidak nyaman, stress, pusing dalam bekerja dan kreativitas anda tidak akan berkembang. Langkah yang perlu diambil adalah “langkah seribu“ untuk mencari lingkungan kerja yang baru.





Bagikan ke:
facebook-------twitter
;