10 Fakta mengenai Sarah Palin



Sarah Louise Heath Palin adalah wajah baru yang “menyegarkan” publik Amerika Serikat (AS), dan mungkin juga masyarakat dunia, dalam pemilihan umum AS 4 November 2008. Gubernur cantik dari negara bagian Alaska tersebut dipinang oleh pejuang gaek John McCain sebagai kandidat wakil Presiden dari Partai Republik awal September 2008.

Palin, yang lahir pada tanggal 11 Februari 1964, memang wajah baru di kancah politik AS. Mungkin itulah yang menjadi salah satu senjata andalan duet McCain-Palin dalam mengalahkan pasangan senator Barack Obama – Joe Bidden dari Partai Demokrat dalam pemilu tahun ini.

Ibu dari lima anak ini bukan hanya cantik, tapi juga punya latar belakang yang kontroversial dan dinamis. Untuk lebih mengenal sosoknya, berikut 10 fakta tentang Sarah Palin.
1. Suka berburu, memancing dan lari maraton
Sarah Palin yang lahir di Sandpoint Idaho, diboyong ayahnya ke Alaska ketika masih anak-anak. Di Alaska inilah Sarah kecil sering diajak ayahnya, Charles R. Heath, berburu rusa sebelum berangkat sekolah. Seperti anggota keluarganya yang lain, Palin juga terbiasa mengikuti perlombaan lari 5 km dan 10 km. Ketika menikah dengan Todd Palin, Sarah Palin ikut mengelola perusahaan pemancingan yang menjadi bisnis keluarga Todd Palin.

2. Berjuluk Sarah Barracuda
Sarah Palin bersekolah di Wasilla High School di Wasilla, 71 km utara Anchorage, Alaska. Dia menjadi ketua atlit Kristen. menjadi pemain depan dan kapten tim bola basket sekolah. Untuk posisi dan prestasinya di lapangan basket, Sarah Palin dijuluki Sarah Barracuda. Baraccuda adalah ikan besar yang dikenal sebagai pemburu ulung.

3. Miss Wasilla dan Runner-Up Miss Alaska
Sarah Palin memenangkan mahkota Miss Wasilla dan juara kedua Miss Alaska pada tahun 1984. Selain menyabet gelar posisi kedua Miss Alaska, Sarah Palin juga berhasil menjadi Miss Congeniality dan mendapat beasiswa kuliah.

4. Menjadi Walikota Wasilla di usia 32 tahun
Palin memulai karir politiknya sebagai anggota Dewan Kota Wasilla dari tahun 1992-1996, dan menjadi Walikota Wasilla selama dua periode (1996 – 2002), setelah mengalahkan Walikota John Stein yang telah menjabat selama tiga periode. Meskipun pemilihan ini bersifat non partisan, tapi Partai Republik negara bagian Alaska beriklan untuk Sarah Palin.

5. Anti aborsi
Terlahir dari keluarga Katholik, lalu ketika dewasa bergabung dengan Majelis Tuhan Wasilla yang merupakan afiliasi Gereja Pantekosta, Sarah Palin dikenal sangat konservatif mengenai isu aborsi. Dia menentang keras aborsi untuk setiap kehamilan yang tak diinginkan. Maka tak heran ketika anak keduanya, Bristol yang masih berusia 17 tahun hamil di luar nikah, kehamilan yang tak diharapkan itu pun dipertahankan dan Bristol akan dinikahkan dengan ayah si jabang bayi Levi Johnston .

6. Mendukung kepemilikan senjata api
Sarah Palin mendukung hak warga AS untuk memiliki senjata, bahkan sampai dijuluki kandidat Wakil Presiden AS yang paling mendukung dalam sejarah Amerika. Dalam website pribadinya ketika sedang bertarung dalam pemilihan Gubernur Alaska, Palin menulis “ Saya adalah anggota NRA seumur hidup saya, dan saya mendukung hak konstitusional kita untuk menyandang senjata dan menyokong program keamanan senjata untuk anak muda Alaska.”

7. Keluarga yang kontroversial
Kehidupan keluarga Sarah dan Todd Palin menjadi sorotan tak lama setelah Palin diumumkan menjadi pendamping McCain. Pasangan Palin memiliki lima orang anak Track (1989), Bristol (1990), Willow (1995), Piper (2001) dan Trig (2008).Track bergabung menjadi tentara AS dan dikirim ke Irak bulan September 2008 selama setahun. Anak keduanya Bristol menjadi perbincangan ketika Palin mengaku kepada publik, bahwa anaknya yang masih remaja itu sedang hamil 5 bulan, dan mempertahankan bayinya, serta akan menikahi ayah dari bayinya, Levi Johnston. Anak kelima Palin yang dilahirkannya ketika sudah menjabat Gubernur Alaska, Trig didiagnosa mengalami Down Syndrome. Suami Sarah, Todd Palin pembalap mobil salju, tercatat pernah ditangkap polisi karena menyupir dalam keadaan mabuk, tahun 1984.

8. Perempuan Gubernur pertama di Alaska
Jabatan publik selanjutnya yang berhasil diraih Sarah Palin, adalah Gubernur Alaska pada bulan November 2006,. Sarah Palin berhasil setelah mengalahkan gubernur yang sedang menjabat di pemilihan pendahuluan Partai Republik dan mantan gubernur dua periode dari Partai Demokrat di pemilihan umum. Sarah Palin tercatat sebagai gubernur termuda, 42 tahun, dan Gubernur perempuan pertama di Alaska.

9. Penggemar daging rusa
Daging rusa masak rebus adalah menu favorit Sarah Palin. Kepada Majalah Vogue, Palin mengaku biasa menyantap daging rusa sehari setelah ikut balapan mobil salju,. Ini berkaitan dengan masa kecil Palin yang sering diajak ayahnya berburu rusa sebelum berangkat sekolah. Berburu kemudian menjadi hobi Palin ketika beranjak dewasa.

10. Jadi ikon mode
Sarah Palin yang mantan ratu kecantikan, memang sedap dipandang. Penampilannya selalu nampak segar, dan gaya. Tak heran bila para perempuan di Amerika banyak yang kemudian meniru gaya berpakaian, model rambut dan aksesori yang dikenakan Palin. Bukan hanya kacamata ala Palin yang kemudian menjadi tren dunia fashion, tapi model rambut dan warna lipstiknya pun menjadi acuan perempuan-perempuan penggila mode, untuk turut tampil secantik Palin.





Bagikan ke:
facebook-------twitter
;