Hal-hal yang bisa menyebabkan bumi kiamat



Ada beberapa sebab bumi bisa kiamat. Yang pasti pemanasan global tidak akan menyebabkan kiamat di bumi. Pemanasan global memang menyebabkan gurun dan daerah pantai menjadi makin panas. Tapi kenyataannya, suhu bumi terus memanas selama 500 juta tahun terakhir dan kehidupan di dalamnya masih bisa selamat.

Salah satu penyebab kiamat adalah jatuhnya asteroid raksasa. Asteroid dan komet sudah sering jatuh ke bumi dengan berbagai ukuran dan tingkat kerusakan yang beragam. Terbesar adalah 100 tahun lalu di Siberia. Tapi karena jatuh di wilayah yang tidak dihuni maka tidak ada korban tewas. Ilmuwan terus mencari bukti jatuhnya meteor ukuran sedang yang menyebabkan hancurnya satu wilayah besar. Kejadian seperti itu pernah menimpa New York pada 30 sebelum masehi, Kanada pada 11.000 sebelum masehi dan di kawah meteor terkenal di Arizona yang terjadi pada 50.000 tahun lalu.

Letusan gunung berapi dahsyat juga bisa menimbulkan bencana besar. Ada bukti dinosaurus musnah bukan hanya karena asteroid, tapi juga karena lava seperti yang terjadi di India. Bahkan letusan kecil pun bisa mengeluarkan debu dalam jumlah besar dan menutup cahaya matahari dan mempengaruhi iklim. Erupsi Gunung Pinatubo pernah membuat planet bumi lebih dingin pada 1991. Termasuk saat Krakatau meletus pada 1883.

Perang nuklir juga bisa menyebabkan akhir kehidupan di bumi. Saat ini suasana mulai mendingin, tapi di era 1980-an perang nuklir adalah ancaman nyata.

Lubang hitam yang yang ada di jagad raya dan merupakan wilayah gravitasi tanpa ujung, juga bisa menimbulkan bencana besar. Lubang hitam dimana cahaya pun tidak dapat keluar, pertama kali ditemukan pada 1960-an. Jika lubang hitam raksasa mendekati sistem tata surya kita, maka cahaya matahari serta bintang lain akan berubah. Orbit planet juga berubah. Akhirnya matahari, planet dan asteroid akan menuju orbit spiral di sekitar lubang dan berlahan dihisap satu demi satu. Yang pasti terjadi adalah bumi kiamat pada 5 miliar tahun lagi. Bumi memiliki lintasan makin lama makin mendekati matahari.

Bintang seperti matahari juga akan berubah menjadi merah dan membesar di akhir masanya. Hal itu menyebabkan planet di sekitarnya menjadi terpanggang. Perhitungan terbaru, manusia hanya punya waktu 1 miliar tahun untuk meninggalkan bumi menuju planet lain. Sementara bentuk kehidupan diperkirakan sudah ada 3,7 miliar tahun, maka artinya sudah akhir zaman.





Bagikan ke:
facebook-------twitter
;