Ciri-ciri anak tidak bahagia di sekolah


Karakter dan kepribadian anak memang berbeda-beda. Ada yang pendiam dan ada yang periang. Namun biasanya jika anak pulang dari sekolah pasti akan bercerita tentang segala sesuatu yang terjadi di sekolah. Ini bukan berarti si anak tidak mempunyai masalah di sekolahnya. Mungkin saja ia punya masalah berat di sekolahnya. Berikut ini beberapa tanda untuk mengenali anak yang tak bahagia di sekolah.
Sakit perut sebelum berangkat sekolah
Saat pertama kali masuk sekolah adalah wajar bagi anak-anak tertentu untuk mempunyai perasaan seperti ini. Namun, bila ternyata hal ini menimbulkan masalah yang serius, bahkan berulang, berarti ada yang ditakutkan oleh si kecil.

Gelisah dan takut
Anak memperlihatkan sikap yang tidak biasanya, seperti menggigit-gigit kuku, mengisap jempol, memainkan dan menarik rambut, mengompol, atau selalu menangis di sekolah.

Diam
Anak tidak mau berbicara mengenai sekolah atau gelisah dan takut pada saat Anda mengajaknya bertemu dengan guru atau pada waktu mengerjakan pekerjaan rumah dan segala sesuatu yang berhubungan dengan sekolah.

Bosan
Si kecil tidak tertarik atau tidak mau mengerjakan pekerjaan sekolah dan pekerjaan rumah atau tidak lagi mau membawa pulang pekerjaan rumah.

Bermasalah di sekolah
Bila anak menggangu kelas atau membuat masalah di dalam kelas, sebaiknya Anda minta bantuan. Banyak anak bersikap menutup-nutupi bila tidak senang akan sesuatu hal.






Bagikan ke:
facebook-------twitter
;