Cara gampang membedakan uang asli dengan uang palsu


Banyaknya pemalsuan uang di negara kita mengharuskan kita waspada. Berikut ini ada beberapa tips untuk menguji keaslian uang Rupiah dengan cara mudah:
Untuk lembaran Rp.100.000,- versi Proklamator RI

1. Lipat menjadi 4 bagian secara memanjang
2. Tekan uang tersebut dengan tekanan secukupnya
3. Buka perlahan-lahan lipatan uang tsb
4. Bila kacamata Bung Hatta pecah berarti palsu, dan bila tidak, berarti asli

Untuk lembaran Rp. 50.000,- versi W.R. Supratman

Periksa teks lagunya, kalau bukan Indonesia Raya, pasti palsu.

Untuk lembaran Rp. 50.000,- versi Soeharto

1. Lipat menjadi 2 sama besar
2. Gesek-gesekkan ke bagian tubuh kita yang ada lipatannya (misalnya:ketiak. Boleh juga bagian lipatan-lipatan yang lain, yang penting ada keringatnya)
3. Kalo Pak Hartonya gak patheken, berarti asli. kalo patheken, berarti emang kitanya aja yang jarang mandi

Untuk lembaran Rp. 20.000,- versi burung Cenderawasih

Usap-usap gambar burung Cenderawasih tersebut dengan lembut. Kalo burungnya jadi gede, berarti palsu, kalo diem aja, berarti udah mati rasa.

Untuk lembaran Rp. 10.000,- versi Cut Nyak Dien

1. Lipat menjadi 4 bagian secara memanjang
2. Tekan uang tersebut dengan tekanan secukupnya
3. Kalau uangnya jadi basah karena kawahnya tumpah, berarti palsu, atau kalau konde Cut Nyak Dien lepas, berarti palsu juga.

Untuk lembaran Rp. 5.000,- versi Imam Bonjol

Ambil pisau cukur di rumah, kemudian gesekkan pada uang tersebut. Apabila jenggot Imam Bonjol rontok, berarti palsu, apabila tambah panjang, berarti palsu juga.

Untuk lembaran Rp. 1.000,- versi mana saja

Cari SD Negeri terdekat, cukup taruh di trotoar depan sekolah, kalau hilang berarti asli.

Untuk lembaran Rp. 500,- versi Orang Utan

1. Lipat menjadi 4 bagian secara memanjang
2. Tekan uang tersebut dengan tekanan secukupnya
3. Kalo orang utannya teriak-teriak berarti palsu, kalo tidak, berarti asli

Untuk lembaran Rp. 100,- juga versi yang mana aja

Mau diapa-apain juga, yakin dah kalo lembaran seratus Rupiah ini sudah pasti asli. Goblok namanya kalo ada orang nekat memalsu duit yang buat bayar WC umum aja kagak cukup.






Bagikan ke:
facebook-------twitter
;